Empat Rahasia Yang Ada Dalam Obat Tidur

Perkembangan peradaban manusia, membuat banyak orang selalu disibukkan dengan kegiatan sehari-hari. Bahkan tak jarang ada yang sampai merasa waktu 24 jam itu masih kurang sehingga sampai mengorbankan jam istirahat. Dan saat diharuskan untuk berbaring, tak sedikit dari mereka yang mengalami masalah. Jika memang sudah begitu, obat tidur jadi jawaban atas solusi.

Dalam sebuah laporan CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika) tahun 2013,ditemukan bahwa hampir sembilan juta orang atau sekitar 4% orang dewasa di atas 20 tahun mengonsumsi obat bius. Dengan mayoritas pengguna kaum perempuan, alasan insomnia (sulit tidur) menjadi penyebab utama. Namun ternyata, ada banyak hal yang tidak diketahui orang umum soal obat itu.

jual obat tidur
obat tidur

Hal-Hal Yang Tak Anda Tahu Soal Obat Tidur

Meskipun dijual dengan mudah dan bisa anda temukan di apotek terdekat, tak semua orang paham betul mengenai obat tidur. Dan berikut beberapa rahasianya yang harus anda pahami:

  1. Bukan Jawaban Atas Insomnia

Kebanyakan orang yang mengalami insomnia akan langsung mengonsumsi obat tidur. Padahal insomnia ini adalah tanda jika anda punya masalah psikologis. Kalau terlalu sering, berarti memang harus menjalani terapi kognitif agar perilaku berubah.

  1. Banyak Jenisnya

Obat tidur yang tersedia di pasaran punya banyak jenis. Ada yang bisa membuat anda cepat tidur seperti Sonata/Ambien, membuat tidur lama seperti Restorildan Lunesta yang bermanfaat keduanya.

  1. Ada Efek Samping

Seperti obat pada umumnya, obat tidur juga punya efek samping seperti cemas, mimpi aneh, mual bahkan muntah. Jadi kalau anda punya riwayat depresi dan sleep apnea bakal lebih beresiko.

  1. Resiko Kanker

Beberapa penelitian menyebutkan jika semakin sering meminum obat tidur, kemungkinan kena kanker lebih besar.

Meskipun bisa membuat anda tidur cepat saat memang butuh istirahat, faktanya penggunaan obat ini memang harus diatur. Jangan sampai anda terlalu kecanduan sampai tak bisa tidur jika belum minum obat. Lebih baik perbanyak olahraga dan konsumi makanan sehat supaya waktu istirahat anda bisa stabil.